Kriminal

5 Komplotan Pencuri Isi Gudang di Jakbar Ditangkap, Pemilik Rugi Rp 1 M Lebih

Infoasatu.com, Jakarta – Lima orang tersangka kasus pembobolan gudang di Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat (Jakbar), diamankan pihak kepolisian. Dari aksi kejahatannya, mereka berhasil mengantongi uang lebih dari Rp 1 miliar. Kelimanya berinisial FA (25), RS (26), MO (40), BN (36), FL (31).

“Modus bersama-sama merampok barang gudang yang secara berulang-ulang dari tahun 2018. Kemudian menurut pengakuan dari para pelaku sudah 13 kali melakukan kegiatan ini,” ungkap Wakapolres Jakarta Barat AKBP Stefanus Tamuntuan, Minggu (29/12/2019).

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat Kompol Teuku Arsya Khadafi menjelaskan para pelaku masuk melalui atap gudang. Kemudian mereka mengambil barang sedikit demi sedikit.

Aksi pencurian ini terungkap ketika pemilik gudang merasa stok barang yang dikirim selalu berkurang. Akhirnya pemilik berinisiatif memasang CCTV di kawasan gudang. Pelaku kemudian tertangkap kamera CCTV dengan masuk lewat atap gudang untuk mengambil barang.

“Pelaku masuk dari atap turun ke bawah buka pintu dan ambil barang sedikit-sedikit jumlah sekitar Rp 1,2 miliar,” kata Arsya.

Arsya mengatakan salah satu dari 5 tersangka merupakan karyawan gudang tersebut.

“Pelaku ini salah satunya masih ada yang bekerja aktif menjadi karyawan yang memberikan informasi kapan saja jam-jam aman untuk melakukan. Ada yang mantan karyawan, ada orang luar,” imbuh Arsya.

Uang hasil curian tersebut, kata Arsya dibagikan kepada mereka yang berhasil memuluskan rencana pencurian ini. “Hasil keuntungan dari kejahatan tersebut mereka bagi bersama-sama. Jadi untuk kerugian kurang lebih sekitar 1,179 miliar,” ungkap Arsya.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Polisi juga melakukan tindakan tegas terukur pada 3 tersangka RS (26), MO (40), BN (36) karena melawan petugas.

Baca Juga :  Aksi Tawuran di Kampus Nommensen Tewaskan Seorang Mahasiswa, Polisi Periksa 20 Saksi
Facebook Comments