Peristiwa

Menolak Divaksin, Nelayan di Pelabuhan Paotere Makassar Adu Mulut dengan Personel TNI AL

Infoasatu.com, Makassar – Lantamal VI Makassar menggelar vaksinasi Covid-19 untuk warga pesisir Kota Makassar. Namun, vaksinasi itu sempat mendapat penolakan dari oknum warga. Bahkan, ada nelayan yang terlibat adu mulut dengan personel TNI AL.

Adu mulut itu berawal saat sejumlah personel TNI AL mulai turun ke kapal-kapal nelayan di Pelabuhan Paotere untuk mengajak nelayan divaksin. Namun nelayan menolak, sebab mereka mengaku takut akan dampak dari vaksin Covid-19.

“Itu apa, obatnya apa saya ragukan di situ, terlalu banyak masuk dan saya bingung yang mana divaksinkan di situ. Saya ragu di situ, kalau tidak ada viral saya tidak takut, cuman ini viral saya takut termasuk diri saya sendiri,” kata seorang nelayan.

Dia lantas kembali mempertanyakan isi dari vaksin yang akan diberikan kepadanya.

“Obatnya apa isinya, apa obatnya apa. Saya cuman liat viral, itu saya yang takut dan ragukan di situ,” tambahnya.

Sementara itu, Kadiskes Lantamal VI Makassar Letkol Laut David Langgeng berusaha meyakinkan nelayan tersebut. Ia meminta tak mendengar kabar hoax terkait vaksin dan ikut vaksinasi.

“Semakin banyak orang divaksin semakin banyak orang sehat, virus akan ditangkal oleh vaksin. Jangan takut divaksin,” kata David.

David juga menyebut jika vaksinasi sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Vaksin juga membuat imunitas masyarakat terjaga.

“Ini bukan melukai masyarakat Indonesia, kalau anda sehat bisa kerja lagi, tapi kalau kena Covid pasti susah cari uang untuk makan,” jelasnya.

Lebih lanjut, David mengatakan jika vaksinasi ini dikhususkan bagi masyarakat maritim dan pesisir pantai Makassar. Bahkan tercatat saat ini ada 500 warga telah divaksin.

“Kita melaksanakan serbuan vaksinasi, bagi masyarakat maritim, kita sasar semua masyarakat pesisir pelabuhan yang belum melaksanakan vaksinasi, kita tanya satu persatu dan diharapkan ikut mensukseskan,” ujarnya.

Baca Juga :  Hadang-Bawa Kabur Uang Pria di Probolinggo, 2 Perampok Tewas Ditabrak Korbannya

“Program pemerintah 1 juta vaksin, kita dapatkan 500 orang saat sampai hari ini, kita datangi kapal-kapal, pelabuhan, pasar-pasar terdekat di pesisir pantai,” tutupnya.

Facebook Comments