Info KesehatanUncategorized

Demi Kemanusiaan, Istri Wali Kota Makassar Temui Bupati Gowa

Infoasatu.com, (RILIS) – Ketua Gerakan Sedekah Plasma (GSP) Indira Yusuf Ismail menemui Bupati Gowa Adnan Purichta IYL untuk sebuah gerakan kemanusiaan. Indira yang juga Istri dari Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto ini diterima Adnan sekaligus dalam kapasitasnya sebagai Ketua PMI Sulsel di ruang rapat Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Selasa, (10/08/2021).

Pertemuan tersebut bertujuan untuk membangun sinergi dalam rangka mewujudkan sebuah gagasan mulia dengan menggalakkan donor darah konvalesen.

Donor darah atau plasma konvalesen adalah metode pengambilan darah plasma dari penyintas COVID-19 yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien COVID-19 yang sedang dirawat.

Baca juga: Gerakan Sedekah Donor Plasma, Indira Yusuf Ismail Sharing Bersama Ketua PMI Sulsel

“Kita sengaja menemui Ketua PMI Sulsel, untuk berkolaborasi dalam memasifkan gerakan donor plasma, meminta kesediaan penyintas untuk membantu sesama yang terkena Covid19,” ujar Indira.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) Sulsel Dr dr Khalid Saleh yang juga sebagai tim GSP menyampaikan pentingnya gerakan ini, sebagai salah satu pilihan untuk membantu mereka yang terpapar.

“Mengingat adanya beberapa syarat untuk menjadi pendonor, sehingga hal yang paling memungkinkan yakni di rumah sakit yang menangani pasien Covid-19, serta di PMI,” katanya menambahkan.

Untuk itu, dalam pendataan nantinya akan melibatkan pihak rumah sakit yang menangani pasien covid-19, serta PMI, dikarenakan alat untuk melakukan donor terdapat di markas PMI.

Baca juga: Ada Gerakan Sedekah Plasma Darah di Kota Makassar

Selain itu, beberapa poin penting yang menjadi pembahasan yakni perlunya percepatan dalam gerakan donor plasma tersebut. Hal ini dikarenakan adanya beberapa syarat yang harus dipenuhi, di antaranya penyintas yang dapat melakukan donor adalah mereka yang belum melakukan vaksin, serta belum pernah hamil maupun melahirkan.

Baca Juga :  Lagi, Danny Bawa Makassar Raih Penghargaan United Nation Public Service Award PBB

Adnan Purichta Ichsan selaku Ketua PMI Sulsel menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian tim GSP yang dipimpin oleh ibu Indira Yusuf Ismail, dan berharap semakin banyak stakholder yang dapat bergabung demi misi kemanusiaan tersebut.

“Kita menyambut baik niat dari Ibu Indira bersama tim, dan siap memberikan dukungan untuk memasifkan donor plasma demi kemanusiaan,” ujar Adnan.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, salah satu penggagas GSP Sakka Pati, Direktur Eksekutif KADIN Sulsel, Muh Taufik Anas, Perwakilan Perempuan, Sri Wulandari, Perwakilan Media, Mismaya Alkhaerat, serta beberapa tokoh serta dokter di antaranya dr Wachyudi yang dikenal pula dengan sebutan dokter koboy Makassar, serta beberapa tokoh lainnya.(*)

Facebook Comments