Makassar

Koma Jip Jalin Sinergitas dengan Dinas Perpustakaan Makassar

Infoasatu.com, Makassar – Pengurus Komunitas Magang Jurusan Ilmu Perpustakaan (Koma Jip) mulai serius mengembangkan komunitasnya khususnya penguatan kelembagaannya dan memiliki legalitas berupaya yayasan. Ketua Koma Jip, James Frederich Kurniajaya dan beberapa pengurus mengikuti rapat yang difasilitasi oleh Direktur Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP), Andi Yuda Yunus, Jum’at (26/03).

Koma Jip saat ini telah menjadi mitra Dinas Perpustakaan Makassar dalam program inovasi MARIKI (Magang Mandiri Khusus Alumni). Koma Jip memberikan konstribusi dalam perekrutan peserta magang ke Perpustakaan Umum Kota Makassar dan selanjutnya disalurkan ke Perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar. “Proses perekrutan, pembekalan, dan pendampingan yang dilakukan Koma Jip nantinya terukur dan berkualitas sehingga menghasilkan keluaran yang berbeda dari yang tidak mengikuti Magang Mandiri”, ungkap Andi Yuda Yunus.

Ketua Koma Jip sangat optimis dan yang akan dilakukan pertama yakni fokus membentuk kelembagaannya. “Setelah rapat ini, kami akan fokus membentuk kelembagaannya dulu dengan membuat yayasan, setelah itu menyiapkan program pendampingan peserta magang dengan membuat kurikulum dan sebagainya. Kedepan kebutuhan peserta Magang dan permintaan kebutuhan tenaga perpustakaan akan terus meningkat seiring dengan pengembangan perpustakaan. Olehnya itu, Koma Jip akan terus menjaga kualitas dengan penguatan kelembagaannya”, terang James.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar mengharapkan kehadiran Koma Jip selain sebagai mitra kerja dalam program inovasi MARIKI juga perannya dapat dikembangkan lebih luas khususnya dalam peningkatan kualitas tenaga perpustakaan.” Saya ingin Koma Jip dapat menjadi role model dalam peningkatan kapasitas Pustakawan dan Tenaga Perpustakaan yang dimulai dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan Indonesia,” harap Tenri Apalallo.

Facebook Comments
Baca Juga :  Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia, Kecamatan Bontoala Gelar Lomba di Depan Kantor Camat