MakassarPemerintahan

Makassar Kota Pertama di Sulsel Bentuk BRIDA

Infoasatu.com, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menerima kunjungan kerja Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) di Amirullah, Jumat (9/09).

Rombongan BRIN dipimpin langsung Plt Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset Inovasi Daerah BRIN Wihatmoko Waskitoaji.

Pertemuan itu membahas peralihan status Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Makassar menjadi Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA).

Di hadapan Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Wihatmoko memberikan apresiasi sebab Makassar merupakan kota pertama yang membentuk BRIDA.

“Jadi kita bekerja sama dengan Kementrian Dalam Negeri sudah menyiapkan infrastruktur untuk BRIDA supaya bisa bergerak cepat dan fleksibel,” ungkap Wihatmoko.

Salah satunya yakni penerbitan Peraturan Menteri Dalam Negeri terkait dengan nomenklatur BRIDA. Mulai dari susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta anggaran.

“ Ada pula, kodefikasi anggaran baru mengenai BRIDA. Itu semua tadi kita sampaikan ke pak wali kota,” ujarnya.

Wihatmoko menjelaskan BRIDA memiliki fungsi yang jauh lebih luas dibandingkan dengan Balitbangda. Pasalnya semua kebijakan yang diambil pemerintah berbasis riset atau bukti ilmiah.

“Itulah yang juga selama ini dilakukan oleh pak wali,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menilai fungsi riset dalam membentuk kebijakan pemerintah memang penting.

Hal itu pula yang selama ini dilakukan meski masih bersifat pribadi. Sehingga menurutnya Makassar mesti bermetamorfosis menjadi BRIDA.

“Kalau kita mau mengembangkan keunggulan di kota ini, betul-betul melalui riset, dan ini menjadi mimpi saya sebelumnya,” ucap Danny.

Peralihan status menjadi BRIDA ini, kata Danny juga sekaligus mematahkan pandangan jika Balitbangda sebagai OPD pembuangan.

“Padahal inilah lembaga yang paling atau otaknya pengetahuan dan kebijakan di kota ini,” ungkapnya.

Dia juga berharap melalui BRIDA, inovasi yang telah dilahirkan kepala daerah bisa dilindungi dan tetap menjadi inovasi pemerintah daerah.

Baca Juga :  Camat Wajo Hadiri Perayaan Maulid Nabi di Kelurahan Butung

“Inovasi kepala daerah itu kan harusnya setelah saya selesai menjabat menjadi inovasi daerah sehingga berkelanjutan,” ujarnya.

“BRIDA ini akan kita seriusi karena sudah menjadi kebutuhan yang mendesak,” tambah Danny.

Pada kesempatan tersebut, Danny Pomanto juga didampingi Kepala Balitbangda Makassar Andi Bukti Djufrie.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Helmy Budiman, dan Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Indarwati.

Facebook Comments