EkonomiPemerintahan

Kabar Gembira! Wali Kota Makassar Gelar Pasar Murah, Harga Pangan Terjangkau dan Aman

Infoasatu.com, Makassar – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, akan menggelar pasar murah dalam waktu dekat. Hal ini dilakukan setelah adanya perintah langsung dari Mendagri RI, Tito Karnavian, yang meminta pembentukan posko untuk mengendalikan harga pangan di pasaran. Diketahui, inflasi sepanjang tahun 2022 dipengaruhi oleh komoditas impor pangan. Atas perintah tersebut, Danny akan memanfaatkan posko kontainer yang dibangunnya sejak masa pandemi Covid-19 sebagai tempat gelaran pasar murah.

“Semua posko kontainer kita akan kami gelar pasar murah. Karena kita diperintahkan Mendagri untuk membuat posko, kami sudah punya dan inilah salah satu kegunaannya, yaitu untuk gelar pasar murah bagi masyarakat,” ujar Danny saat melakukan rapat koordinasi terkait pengendalian inflasi 2023 pada tanggal 9 Januari 2023.

Danny mengatakan meskipun inflasi Kota Makassar disumbang oleh transportasi, yaitu transportasi udara (0,7 persen) dan bensin (hampir 1 persen), namun disisi komponen pangan terjadi deflasi. Artinya, pangan di Kota Makassar sangat aman. Ia juga menyebutkan bahwa program Lorong Wisata yang diterapkan di Kota Makassar juga membantu dalam membangun kemandirian masyarakat dalam menekan inflasi.

“Jadi, perintah Mendagri juga untuk membangun kemandirian pangan. Di Makassar sendiri sudah berjalan. Apalagi, komoditas yang menjadi penyumbang inflasi tinggi di beberapa kota lain adalah cabai. Namun, pangan di Kota Makassar sangat aman,” ungkapnya.

Danny menambahkan bahwa untuk masalah transportasi sebagai penyumbang inflasi tertinggi di Kota Makassar, ia akan mencari formula untuk dapat menekannya. Data yang dilansir BPS Kota Makassar (Berita Resmi Statistik No. 01/01/7371/Th. IX, 2 Januari 2023) menunjukkan bahwa Kota Makassar pada tahun 2022 mengalami kenaikan inflasi dari 2,26 persen menjadi 5,81 persen, atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 107,92 pada Desember 2021 menjadi 114,19 pada Desember 2022. (*)

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas UMKM, Rossy Optimis Lapangan Kerja Baru Akan Tercipta
Facebook Comments