Pemerintahan

Pjs Wali Kota Makassar Pantau Sabtu Bersih

Infoasatu.com,Makassar–Pemerintah Kota Makassar kembali menggelar program Sabtu Bersih secara serentak di 15 kecamatan se-Kota Makassar, Sabtu (12/10/2024).

Penjabat Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, memantau langsung pelaksanaan Sabtu Bersih dengan mengendarai motor scooter matic berwarna merah.

Ia didampingi beberapa kepala OPD dan camat setempat dalam kunjungan ke beberapa titik pelaksanaan.

Pantauan dimulai dari Pasar Toddopuli, Kecamatan Panakukang, dilanjutkan ke Jalan Jipang Raya, Kecamatan Rappocini, dan berakhir di wilayah Kecamatan Manggala.

“Yang menjadi titik fokus pekan ini adalah area yang menjadi lokasi penilaian Adipura, sehingga saat penilaian nantinya, kita sudah siap,” ujar Andi Arwin Azis.

Ia juga menegaskan kepada seluruh jajaran terkait agar menjadikan evaluasi penilaian sebelumnya sebagai acuan untuk perbaikan.

“Bahan evaluasi sebelumnya harus diperhatikan bersama. Yang sudah baik harus dipertahankan atau ditingkatkan, sementara yang kurang harus dimaksimalkan,” lanjutnya.

Melihat antusiasme dan keseriusan seluruh jajaran serta masyarakat, Andi Arwin optimis Makassar dapat kembali meraih Piala Adipura.

“Kerjasama yang ditunjukkan OPD sangat luar biasa, ditambah dengan komitmen dari Dinas Lingkungan Hidup, kita tentu optimis,” tutur Andi Arwin.

Lokasi pelaksanaan Sabtu Bersih akan terus berpindah setiap pekannya agar penilaian Adipura nantinya tepat sasaran.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ferdi, menjelaskan bahwa Sabtu Bersih melibatkan seluruh perangkat daerah, mulai dari OPD, kecamatan, hingga kelurahan.

Fokus utamanya adalah wilayah rawan banjir dan lokasi penilaian Adipura.

“Persiapan musim hujan difokuskan pada drainase dan pengangkatan sedimen. Sedangkan untuk penilaian Adipura, fokus pada beberapa titik seperti Pasar Toddopuli, Pasar Sambung Jawa, kawasan ruang terbuka hijau, dan lainnya,” papar Ferdi.

Ia juga menambahkan bahwa penanganan sampah di TPA Tamangapa Antang kini telah membaik dan tidak lagi menimbulkan bau menyengat.

Baca Juga :  Pjs Wali Kota Makassar Andi Arwin Azis Dukung Penuh Penelitian dari Unhan

“Ini salah satu bentuk pelayanan Pemkot Makassar untuk menjadikan kualitas lingkungan lebih baik,” ungkapnya.

Camat Rappocini, M. Aminuddin, menambahkan bahwa wilayah penilaian Adipura di Kecamatan Rappocini meliputi SD Kompleks Pemda di Kelurahan Tidung.

“Pembersihan difokuskan dari Kelurahan Tidung hingga Pettarani. Sabtu Bersih hari ini dipusatkan di Banta-Bantaeng, Kelurahan Gunung Sari, dengan pembersihan jalan dan drainase sepanjang 3 km di sisi kiri dan kanan Jalan Jipang,” jelasnya.

Facebook Comments